tulisan berjalan

linux vs windows


Baik Windows dan Linux datang dalam berbagai rasa. Semua rasa dari Windows datang dari Microsoft, berbagai distribusi Linux datang dari perusahaan yang berbeda (yaitu Linspire, Red Hat, SuSE, Ubuntu, Xandros, Knoppix, Slackware, Lycoris, dll).
Windows memiliki dua jalur utama. Rasa yang lebih tua disebut sebagai "Win9x" dan terdiri dari Windows 95, 98SE 98 dan Me. Rasa baru yang disebut sebagai "NT kelas" dan terdiri dari Windows NT3, NT4, 2000, XP dan Vista. Akan kembali dalam waktu, Windows 3.x Windows 95 secara didahului beberapa tahun. Dan sebelum itu, ada versons sebelumnya dari Windows, tapi mereka tidak populer. Microsoft tidak lagi mendukung Windows NT3, NT4, semua versi 9x dan tentu saja sesuatu yang lebih tua. Dukungan untuk Windows 2000 parsial (per April 2007).
Rasa dari Linux yang disebut sebagai distribusi (sering disingkat menjadi "distro"). Semua distribusi Linux dirilis sekitar waktu yang sama akan menggunakan kernel yang sama (keberanian dari Sistem Operasi). Mereka berbeda dalam perangkat lunak add-on yang disediakan, GUI, menginstal dukungan proses, harga, dokumentasi dan teknis. Baik Linux dan Windows datang di edisi desktop dan server.
Mungkin ada terlalu banyak distribusi Linux, itu mungkin bahwa ini adalah menyakiti Linux di pasar. Bisa jadi bahwa kurangnya sebuah distro Linux dari perusahaan komputer besar ini juga merugikan di pasar. IBM adalah pendukung Linux yang besar tetapi tidak memiliki distribusi sendiri bermerek mereka. Saat ini tampaknya ada banyak hal baik dikatakan tentang distribusi Ubuntu.
Linux adalah disesuaikan dengan cara yang Windows tidak. Untuk satu, antarmuka pengguna, sementara mirip dalam konsep, bervariasi dalam detail dari distribusi ke distribusi. Sebagai contoh, task bar mungkin default untuk berada di atas atau bawah. Juga, ada banyak versi tujuan khusus dari Linux di atas dan di luar distribusi penuh sesak nafas yang dijelaskan di atas. Sebagai contoh, NASLite adalah versi Linux yang berjalan dari sebuah disket tunggal (karena direvisi juga boot dari CD) dan mengkonversi komputer lama menjadi sebuah file server. Edisi kecil ultra Linux mampu jaringan, file sharing dan menjadi web server.Graphical User Interface: Sembunyikan Tampilkan atasGraphical User Interface (Last updated 10 Juli 2008 / 20 Juni 2005)
CATATAN: Ditambahkan 10 Juli 2008: Pada 2 Juli 2008 Walter Mossberg menulis sebuah pengantar untuk antarmuka pengguna Mac OS X untuk pengguna Windows XP. Saya kemudian membuat blog pada topik antarmuka yang sama bahwa ia disebutkan di blog CNET saya: Memperkenalkan antarmuka pengguna Linux. Menurut pendapat saya pengguna Windows XP beralih ke Ubuntu 8.04 akan merasa jauh lebih di rumah dengan Ubuntu dibandingkan dengan Leopard.
CATATAN: paragraf di bawah ini terakhir dibahas pada bulan Juni 2005
Baik Linux dan Windows menyediakan GUI dan antarmuka baris perintah. GUI Windows telah berubah dari Windows 3.1 ke Windows 95 (drastis) untuk Windows 2000 (sedikit) ke Windows XP (cukup besar) dan dijadwalkan untuk mengubah lagi dengan versi berikutnya dari Windows, salah satu yang akan menggantikan XP. Windows XP memiliki fitur tema yang menawarkan beberapa penyesuaian tampilan dan nuansa GUI.
Linux biasanya menyediakan dua GUI, KDE dan Gnome. Lihat screen shot dari Lycoris dan Lindows dalam aksi dari situs web Wal-Mart. Situs web lynucs.org memiliki contoh dari banyak GUI Linux yang secara substansial berbeda. Dari distribusi Linux utama, Lindows telah membuat antarmuka pengguna mereka terlihat lebih seperti Windows dari yang lain. Berikut ini adalah screen shot dari Linux dibuat agar terlihat seperti Windows XP. Kemudian juga, ada XPde untuk Linux yang benar-benar membuat Linux terlihat seperti Windows. Mengutip situs web mereka "Ini adalah lingkungan desktop (XPde) dan window manager (XPwm) untuk Linux Akan mencoba untuk membuat lebih mudah bagi pengguna Windows XP menggunakan kotak Linux.."
Tandai Minasi membuat titik (Windows dan majalah NET., Maret 2000) bahwa GUI Linux adalah opsional sedangkan GUI Windows adalah sebuah komponen integral dari OS. Dia mengatakan bahwa kecepatan, efisiensi dan kehandalan semua meningkat dengan menjalankan contoh server Linux tanpa GUI, sesuatu yang versi server Windows tidak bisa lakukan. Dalam artikel yang sama ia menunjukkan bahwa sifat lepas dari GUI Linux membuat remote control dan administrasi secara remote dari sebuah komputer Linux sederhana dan lebih alami dari komputer Windows.
Apakah fleksibilitas dari Linux GUI hal yang baik? Ya dan Tidak Sementara pengguna tingkat lanjut dapat menyesuaikan hal-hal sesuai dengan keinginan mereka, itu membuat hal-hal yang lebih sulit pada pengguna baru untuk setiap komputer Linux yang mereka hadapi mungkin terlihat dan bertindak berbeda.Teks mode Antarmuka: Sembunyikan Tampilkan atasModus teks Antarmuka
Ini juga dikenal sebagai penerjemah perintah. Pengguna Windows kadang-kadang menyebutnya DOS prompt. Pengguna Linux menyebutnya sebagai shell. Setiap versi Windows memiliki interpreter perintah tunggal, tetapi rasa yang berbeda dari Windows memiliki interpreter yang berbeda. Secara umum, interpreter perintah dalam seri Windows 9x yang sangat mirip satu sama lain dan versi kelas NT (NT, 2000, XP) juga memiliki interpreter perintah serupa. Namun ada perbedaan antara command interpreter Windows 9x dan satu dalam rasa kelas NT. Linux, seperti semua versi Unix, mendukung beberapa penafsir perintah, tetapi biasanya menggunakan satu BASH disebut (Bourne Again Shell). Lainnya adalah Korn shell, Bourne shell, abu dan shell C (pun, tidak diragukan lagi, yang dimaksudkan).Biaya: Sembunyikan Tampilkan atasBiaya
Untuk penggunaan desktop atau rumah, Linux sangat murah atau gratis, Windows mahal. Untuk menggunakan server, Linux sangat murah dibandingkan dengan Windows. Microsoft memungkinkan satu salinan Windows untuk digunakan pada satu komputer. Dimulai dengan Windows XP, mereka menggunakan perangkat lunak untuk menegakkan aturan ini (Windows Product Activation pada awalnya, Windows nanti Asli). Sebaliknya, sekali Anda telah membeli Linux, Anda dapat menjalankannya pada sejumlah komputer tanpa biaya tambahan.
Pada Januari 2005, edisi upgrade dari Windows XP Home Edition dijual seharga sekitar $ 100, XP Professional adalah sekitar $ 200. The "penuh" versi XP Home adalah sekitar $ 200, versi lengkap dari XP Professional adalah $ 300. Windows Server 2003 Edisi Standar dengan 10 lisensi Klien adalah sekitar $ 1.100. Karena mereka menghemat $ 100 atau lebih pada biaya Windows, Wal-Mart dapat menjual komputer berbasis Linux untuk $ 200 (tanpa monitor), sedangkan mereka termurah komputer Windows XP adalah $ 300 (per Januari 2005).
Ironi di sini adalah bahwa Windows meningkat menjadi dominasi, jalan kembali ketika, sebagian besar oleh undercutting kompetisi (Mac) pada biaya. Sekarang Linux mungkin melakukan hal yang sama ke Windows.
Anda dapat membeli buku Linux dan mendapatkan sistem operasi yang disertakan dengan buku untuk gratis. Anda juga dapat men-download Linux secara gratis dari masing-masing vendor Linux (dengan asumsi koneksi internet Anda cukup cepat untuk file 600 MB dan Anda memiliki CD burner) atau dari www.linuxiso.org. Kedua pilihan ini bagaimanapun, datang tanpa dukungan teknis. Semua versi dari distribusi Ubuntu gratis.
Anda dapat membeli berbagai macam distribusi Linux dalam kotak dengan dukungan CD dan manual dan teknis untuk sekitar $ 40 sampai $ 80 (beberapa distro mungkin kurang, yang lain mungkin lebih). Reguler update dan berbagai dukungan yang berkelanjutan dari $ 35 per tahun untuk versi desktop Linux sampai $ 1.500 untuk versi server high-end. Agustus 2004 Red Hat mulai menjual versi berorientasi desktop Linux untuk di bawah $ 6 per pengguna per tahun.
Setelah biaya awal (atau ketiadaan) untuk memperoleh perangkat lunak, ada biaya perawatan berkelanjutan dan makan. Pada Oktober 2002, majalah Computerworld dikutip arsitek teknologi kepala Merrill Lynch & Co di New York mengatakan bahwa "biaya menjalankan Linux biasanya sepersepuluh dari biaya alternatif Unix dan Microsoft." Kepala teknisi di perusahaan minyak Amerada Hess mengelola 400 server Linux sendiri. Ia dikutip mengatakan "Dibutuhkan orang yang lebih sedikit untuk mengelola mesin Linux daripada Windows mesin." Microsoft menugaskan sebuah studi yang (tidak mengejutkan) menemukan lebih murah untuk mempertahankan Windows dari Linux. Namun, salah satu penulis studi tersebut menuduh Microsoft penumpukan dek dengan memilih skenario yang lebih mahal untuk menjaga di Linux.
Saya tidak tahu apakah pernah ada akan ukuran yang obyektif dari perawatan berkelanjutan dan biaya makan untuk Linux vs Windows. Jika ada Namun, hal itu akan harus mempertimbangkan:

    
* Berurusan dengan bug dalam sistem operasi
    
* Berurusan dengan bug dalam perangkat lunak aplikasi
    
* Berurusan dengan virus, worm, spyware, dll (keuntungan besar untuk Linux di sini)
    
* Berurusan dengan upgrade software ke versi baru (baik OS dan aplikasi)

Mendapatkan Linux: Sembunyikan Tampilkan atasMendapatkan Linux (Topik ditulis ulang Juni 2007, kemudian lagi pada Januari 2008)
Catatan: Lihat topik berikutnya juga.
9 Juli 2008 Ubuntu Linux berjalan ritel. Anda sekarang dapat membeli CD dengan Linux Ubuntu v8.04 di Best Buy sebesar $ 20 dalam satu paket yang meliputi 60 hari dukungan teknis untuk membantu Anda memulai.
Tidak ada yang perlu dikatakan tentang mendapatkan Windows. Sedangkan untuk Linux, Anda dapat membeli komputer dengan itu pra-instal, tetapi biasanya tidak di pengecer besar. Semua vendor PC utama telah menjual mesin berbasis Linux di situs web mereka selama bertahun-tahun. Pada sebagian besar sekalipun, ini adalah komputer server yang ditargetkan pada bisnis tidak konsumen. Linux pra-instal pada mesin konsumen telah memukul atau kehilangan, kebanyakan lewatkan. Tapi, ada tanda-tanda bahwa ini adalah perubahan (lihat topik berikutnya - laptop biaya rendah - untuk lebih lanjut tentang ini).
Sepertinya ada (per November 2007) sebuah tren baru dalam penargetan Linux untuk konsumen. Banyak perusahaan yang berbeda menawarkan komputer dengan CPU low end ditargetkan sebagai mesin kedua, atau untuk digunakan oleh anak-anak. Hal ini bisa menjadi Windows Vista reaksi. Pindah dari Windows XP ke Vista membutuhkan kompleksitas yang lebih, tenaga kuda lebih banyak hardware dan belajar antarmuka baru. Plus, itu mahal baik untuk perangkat keras dan perangkat lunak. Sebaliknya ini komputer berbasis Linux terbaru mesin memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan memerlukan tenaga kuda hardware yang sama atau kurang dari Windows XP. Dan mereka jauh lebih murah, baik untuk hardware dan alasan perangkat lunak. Antarmuka Linux dapat disesuaikan, dan setiap perusahaan yang menjual mesin berbasis Linux mengkustomisasi tampilan dan nuansa. Beberapa pergi untuk kesederhanaan berharap mesin dapat digunakan oleh anak-anak dan non-teknisi. Lain mencoba untuk meniru antarmuka Windows XP.
Sebuah artikel menarik tentang komputer Linux yang murah untuk konsumen Lima alasan untuk tidak takut PC Linux $ 200 oleh Erica Ogg dari CNET tanggal 24 Januari 2008. Subjudul adalah: Ruam PC sangat terjangkau dimuat dengan Linux telah mencapai toko ritel utama. Dan mencoba satu ini tidak berisiko proposisi seperti yang Anda bayangkan.
Wal-Mart adalah pemain yang sangat awal ketika datang ke penjualan komputer menjalankan Linux. Pada November 2007 mereka mulai lagi, setelah mundur dari itu. Para Everex Hijau GPC TC2502 adalah $ 200 (hanya untuk komputer, ada monitor), menekankan aplikasi online tapi datang dengan Open Office, menjalankan versi Linux disebut gOS (yang itu sendiri adalah versi Ubuntu v7.10) dan dilengkapi dengan 512MB RAM, 80GB disk, CD burner / DVD reader dan kedua Ethernet dan modem untuk menghubungkan ke Internet. Menurut review di CNET juga mencakup 24 / 7 toll-free dukungan teknis. Tak lama setelah rilis, tampaknya menjadi populer. Lihat juga Review dari Everex TC2502 Hijau GPC dan $ 200 Ubuntu PC Linux Sekarang Tersedia di Wal-Mart. Saya telah menggunakan mesin ini. Aku benci itu - untuk perangkat lunak tidak untuk hardware.
Sebelumnya, Wal-Mart menjual PC dengan Lycoris, Lindows dan SuSE juga untuk rendah sebagai sebagai $ 200. Pada bulan Maret 2004, mereka mulai menjual versi Sun Microsystems 'dari Linux, Sun Java Desktop, mulai dari $ 298. Pada Desember 2004, Wal-Mart mulai menjual komputer laptop $ 498 berjalan Linspire. Saya tidak berpikir ini adalah keberhasilan besar.
Pada Januari 2008, Sears mulai menjual mesin menara berbasis Linux seharga $ 300, dengan rabat $ 100 yang membawa turun menjadi $ 200. Hardware dari Inovasi Mirus dan dilengkapi dengan prosesor Celeron, hard drive 80GB, 1GB ram, pembakar CD dan Freespire versi 2.0 (versi Linspire).
Para Zonbu Desktop Mini adalah kecil, diam dan murah. Ini adalah sekitar 5 x 7 x inci dengan tanpa bagian yang bergerak, 512 MB ram, dan 4GB penyimpanan berbasis flash. Biayanya $ 100 sampai $ 300 tergantung pada rencana layanan yang Anda memilih (per Januari 2008). Rencana layanan termasuk cadangan online terus menerus. Lihat Satu minggu dengan Zonbu oleh Peter Glaskowsky di CNET, 14 September 2007.
Pada bulan Juni 2007 Dell mulai menjual mesin konsumen dengan Ubuntu Linux pra-instal. Lihat Dell memilih Ubuntu untuk PC Linux di CNET News.com. Pada Desember 2007 mereka menjual mesin dengan versi Linux Ubuntu 7.10. Pada Juli 2008, Dell masih menawarkan Ubuntu 7.10 meskipun fakta bahwa versi 8.04 telah keluar untuk beberapa bulan. Juga sebagai Juli 2008, Dell juga menawarkan Red Hat dan Novell Linux di berbagai mesin. Lihat di sini dan juga dell.com / linux dan linux.dell.com.
Pada bulan Januari 2008 Jemput memperkenalkan komputer Linux $ 200 berbasis Linux menjalankan Foresight 2.0 dengan tidak ada optical drive, tidak ada keyboard dan mouse tidak ada. Lihat halaman rumah Shuttle KPC. Pada Juli 2008, sebuah model $ 229 memiliki prosesor Celeron, 512MB ram dan disk 80GB. Untuk $ 300 Anda punya Pentium dual-core, 1GB ram dan hard disk 160GB. Seperti semua angkutan, itu kecil: 6,4 "tinggi, 11" panjang, dan 7,5 "wide CNET terakhir di Mei 2008..
Juga di bulan Januari 2008 Asus mengatakan akan merilis versi desktop Eee PC disebut E-DT. E-DT diharapkan biaya antara $ 200 dan $ 300 (jelas ini adalah tanpa monitor).
Pada bulan Agustus 2007 Lenovo mengumumkan rencana untuk menjual komputer laptop dengan Linux pra-instal. Mereka berlari distribusi Linux dari Novell dan mulai dijual pada Januari 2008. Saya blog tentang Thinkpad Linux pada Mei 2008. Pada bulan September 2008, Lenovo mundur, mereka tidak lagi menawarkan Linux pra-instal. Lihat Keluar Lenovo pra-Installed Linux Desktop Bisnis.
HP mencelupkan kaki mereka ke konsumen Linux, tetapi pada bulan Juni 2007, setiap konsumen HP desktop adalah menjalankan Windows Vista. Pada laptop mereka 38 konsumen, 37 yang menjalankan Vista, satu menggunakan XP. Bahkan mesin bisnis kecil desktop mereka semua Windows. Mereka hanya menjual versi server Linux. Kembali di tahun 2004 HP berencana untuk menawarkan komputer bisnis notebook, Compaq nx5000, dengan SUSE Linux pra-instal.
Linux Bersertifikat menjual laptop normal (yaitu, bukan akhir laptop baru yang rendah seperti Asus EEE) dengan Linux pra-instal. Pada bulan Agustus 2008 mereka memiliki tiga model untuk $ 700 dan mereka juga menjual model-model ThinkPad T61 dengan Linux untuk harga dari $ 1.300 sampai $ 1.800.
Kaisar Linux beban distribusi Linux pada laptop dari Dell, Lenovo (ThinkPad X61s), Fujitsu, Sony dan lain-lain. Mereka menawarkan sebuah komputer tablet yang menjalankan Linux dan kasar Panasonic Toughbook CF-U1 dengan Linux.
Pogo Linux menjual custom built desktop, workstation, dan server pisau sarat dengan pilihan Anda dari tujuh distribusi Linux.
Affordy menjual garis Titan komputer dengan versi disesuaikan dari Ubuntu, yang disebut Titan LEV, pra-instal. Mesin desktop mulai dari $ 218 (terakhir diperiksa Oktober 2008).
ZAReason menjual laptop, desktop dan comptuers bentuk kecil faktor dengan Linux pra-instal. Sampai November 2008, laptop mereka termurah adalah Asus Eee PC 1000 menjalankan Ubuntu 8.10 untuk $ 599. Di antara mereka adalah persembahan lainnya Shuttle KPC, juga runing Ubuntu 8.10, untuk $ 210.
system76 menjual laptop, desktop, netbook dan comptuers faktor bentuk kecil dengan Ubuntu pra-instal. Per April 2009, netbook mereka adalah $ 360, sebuah laptop 12 inci adalah $ 740 dan laptop 15 inci adalah $ 760. Desktop berkisar dari $ 250 sampai $ 790 dan datang dalam berbagai faktor bentuk.
Pada bulan Agustus 2008 Dana Blankenhorn melakukan serangkaian posting blog di ZDNet tentang membeli laptop Linux.Laptop biaya rendah: Sembunyikan Tampilkan atasBiaya rendah Laptop (Topik ditambahkan Januari 2008)
CATATAN: Topik ini ditulis pada bulan Januari 2008 dan seperti yang sekarang (Oktober 2008) sangat usang. Pasar Netbook telah tumbuh dan berkembang sangat.
Sebuah tren baru yang menarik adalah munculnya Linux pra-instal di banyak baru-biaya kehilangan komputer laptop.
Contoh paling populer dari hal ini adalah ASUS Eee PC 4G yang dirilis pada bulan November 2007. Saya telah singkat menggunakan salah satu dan itu sangat mengesankan. Harga berkisar dari $ 300 sampai $ 500 (per Januari 2008). Model $ 300 pemogokan saya sebagai sebuah tawaran yang sangat besar, bahkan jika layar agak sedikit terlalu kecil.
XO laptop $ 200 dari One Laptop Per Child Yayasan telah mendapat banyak publisitas. Saya menggunakan salah satu dan membencinya. Yang mengatakan, ditargetkan pada anak-anak di negara berkembang dan menjadi dewasa yang tinggal di New York, aku bukan target audiens. Sejauh yang saya dapat memberitahu Anda tidak dapat membeli satu saja (per Januari 2008).
Everex mulai menjual laptop kecil Linux mereka, yang disebut CloudBook, pada Februari 2008 untuk $ 400. Hal ini sedang dijual di Wal-Mart, Newegg dan TigerDirect, dan ZaReason.com. Tampaknya untuk bersaing secara langsung dengan laptop Asus EEE. Lihat Engadget dan Gizmodo. Ia memiliki 7 "800 x 480 layar, 512MB ram, 30GB tradisional (bukan flash) hard drive, Wi-Fi, Ethernet, 4-in-1 card reader, webcam dan versi berbasis Ubuntu Linux disebut gOS. Ini akan berat dua kilogram dan ukuran sekitar 9 "x 7" x 1 ".
Intel membuat Classmate PC. Mengutip Intel mereka adalah "perangkat mobile pembelajaran pribadi untuk siswa SD (usia 5-14) di pasar negara berkembang." Classmate itu tidak pernah dimaksudkan untuk dijual kepada masyarakat umum. Saya pernah membaca bahwa ini adalah karena takut oleh Intel bahwa biaya rendah Linux laptop akan memotong margin keuntungan mereka. Sejauh yang saya tahu, mereka tidak sedang dijual di Amerika Serikat. Classmate banyak menggunakan bagian yang sama sebagai laptop Asus EEE. Ia memiliki 7 "layar dengan, resolusi 800x480 prosesor Celeron, WiFi dan 2GB penyimpanan berbasis flash disk drive.
Zonbu menawarkan laptop tapi itu adalah mesin ukuran penuh dengan layar 15,4 "wide dan built-in DVD-ROM/CD-RW Pada Januari 2008, dijual seharga $ 280 menjadi $ 480 tergantung pada rencana layanan..
Jika saya harus bertaruh, aku akan mengatakan bahwa biaya rendah Linux laptop akan take off. Biaya, kesederhanaan dan portabilitas cenderung menjadi daya tarik besar. Belum lagi kekebalan dari perangkat lunak yang paling berbahaya dan kurangnya disk normal yang meningkatkan masa pakai baterai dan membuat mesin lebih kasar. Linux hanya dapat menjalankan beberapa program Windows, tapi keluar dari kotak mesin-mesin (kecuali XO) dapat melakukan apa yang kebanyakan orang paling membutuhkan waktu. Saya pernah membaca bahwa Intel bekerja pada sebuah prosesor baru yang disebut Silverthorne (untuk sekarang) yang akan murah dan efisien dan mungkin engergy sepakan lebih murah laptop Linux untuk muncul di pasar.Instalasi: Sembunyikan Tampilkan atasInstalasi Sistem Operasi (Topik ini ditulis ulang dua kali pada Juni 2007)
Ada tiga cara untuk menginstal Windows XP: instalasi yang bersih, menginstal upgrade dan menginstal perbaikan. Lalu, ada "pemulihan" instal, yang tidak menginstal dalam arti sebenarnya dari kata tersebut melainkan pemulihan cadangan disk image.

    
* Sebuah instalasi yang bersih mengacu untuk memulai dengan apa-apa (baik hard disk seluruhnya kosong atau hanya sebuah partisi kosong atau ruang yang tidak terisi hanya pada hard disk) dan berakhir dengan hanya Windows.
    
* Sebuah menginstal upgrade mengacu dimulai dengan versi lama dari Windows dan berakhir dengan versi yang lebih baru. Ada file data dan aplikasi tidak akan terpengaruh oleh upgrade ke edisi terbaru dari Windows.
    
* Sebuah menginstal perbaikan mengacu menginstal versi yang sama dari Windows di atas sendiri. Ini digunakan untuk memperbaiki salinan Windows yang rusak dan yang sudah ada file data dan aplikasi yang tidak terpengaruh.
    
* Sebuah "pemulihan" biasanya digunakan untuk mengembalikan komputer ke kondisi pabrik segar. Semua file data terhapus. Semua aplikasi yang diinstal karena komputer masih baru, dihapuskan. Semua upgrade ke Windows itu sendiri (patch, service pack) yang hilang. Aplikasi pra-instal oleh produsen komputer dikembalikan. Awalnya ini dilakukan dari CD, maka DVD. Sekarang biasanya dilakukan dari area tersembunyi dari hard disk.
Lalu ada adalah Windows Vista mana banyak yang telah berubah. Aku tidak akrab dengan opsi-opsi instalasi untuk Vista. Andy Pennell, seorang karyawan Microsoft, menulis tentang masalah-masalahnya menginstal Vista pada tanggal 21 Juni 2007. Dia sangat akrab dengan Windows Vista dan diinstal ke hard disk kedua internal, meninggalkan hard disk yang ada dengan Windows XP tidak berubah. Setidaknya itulah rencana. Lihat Menginstal Vista: Neraka Pribadi Saya. Instalasi Vista pada komputer dengan salinan yang ada Windows, dengan maksud dual-boot, jauh lebih sulit daripada dulu dengan versi sebelumnya dari Windows.
Ada variasi yang besar dalam prosedur instalasi Linux. Distribusi yang berbeda dari Linux memiliki program instalasi mereka sendiri (yang bahkan dapat berubah dengan versi yang berbeda dari distribusi yang sama). Instalasi Linux pada komputer tanpa sistem operasi yang ada jauh lebih mudah daripada menginstal pada mesin dengan OS yang ada bahwa Anda ingin melestarikan.
Saya yakin bahwa menginstal Linux adalah semakin mudah sepanjang waktu. Sementara saya belum melakukan itu semua yang sering, saya telah melihat itu menjadi lebih mudah dari waktu ke waktu. Apakah mudah cukup bagi Anda?

    
* Ed Bott blog tentang pengalamannya menginstal Linux pada tanggal 31 Juli 2006. Linux, XP, dan PC lama saya
    
* Pada bulan Maret 2007, ia mencoba lagi dengan sukses campuran. Mengapa Linux membenci saya?
    
* Sebuah gambar bernilai seribu kata jadi ini Juli 2007 gambar dipamerkan di ZDNet pada Instalasi OpenSUSE 10.2 instruktif
    
* Pada bulan Juni 2007, saya menginstal Ubuntu v7.4 pada mesin IBM NetVista yang sekitar empat tahun. Sistem hanya akan berjalan pada 640x480 dan semua berjalan menurun dari sana. Masalahnya mungkin telah disebabkan oleh KVM switch yang mencegah sistem dari query monitor. Namun, daripada meminta saya atau memberitahu saya apa-apa tentang kegagalan untuk mendeteksi monitor, itu hanya berjalan pada 640x480 dengan tidak ada fasilitas berbasis GUI untuk meningkatkan resolusi.
Ketika menginstal Linux pada mesin di mana Anda tidak perlu untuk mempertahankan sistem operasi yang ada, ada kemungkinan menjadi pilihan untuk mengalahkan OS yang ada sebagai bagian dari prosedur instalasi Linux. Atau, Anda dapat menggunakan suatu program untuk benar-benar menghapus segala sesuatu dari hard disk sebelum menginstal Linux. Boot Darik bebas dan Nuke cukup terkenal untuk ini. Lebih baik lagi, vendor hard disk harus memiliki utilitas gratis yang tidak hanya menyeka hard disk tetapi juga dapat menjalankan diagnosa pada disk.
Anda juga dapat membeli komputer baru tanpa sistem operasi. Sebuah low end Dell server, PowerEdge 840 dijual seharga $ 600 pada bulan Juni 2007. Anda dapat membeli server HP Proliant mulai dari $ 500 yang disertifikasi untuk berjalan enam distribusi Linux. IBM adalah besar di Linux, mengutip situs web mereka: "Seluruh Sistem IBM lini produk Linux diaktifkan." Mereka menjual komputer baik dengan tidak ada sistem operasi dan dengan Linux pra-instal. Tidak ada yang murah namun. Wal-Mart digunakan untuk menjual mesin Microtel tanpa OS, tapi tidak lebih.
Instalasi Linux untuk dual boot, yaitu, menjaga sistem operasi yang ada dalam bijaksana, mungkin paling baik diserahkan kepada teknisi. Itu semua terlalu mudah untuk kehilangan yang sudah ada OS. Anda harus akrab dengan partisi hard disk dan beberapa terminologi Linux. Dengan Red Hat, Linux 8 buku kecil tentang cara menginstal OS lebih dari seratus halaman.
Dalam buku Linux, Mark Minasi mengatakan bahwa menginstal Linux pada komputer desktop lebih mungkin untuk berhasil daripada pada komputer laptop.
Menjalankan Linux Tanpa Instalasi Ini Sembunyikan Tampilkan atasMenjalankan Linux Tanpa Instalasi Ini (Topik ini ditulis ulang pada bulan April 2007)
Ditambahkan November 23, 2008: ZAReason menjual salinan bootable Ubuntu pada drive USB 4GB flash untuk $ 39,99. Pada komputer umum yang baru dapat boot dari USB flash drive, komputer namun lebih tua tidak mungkin dapat. Menurut perusahaan, drive dikonfigurasi untuk mendukung ketekunan, tetapi itu bukan pilihan default. Artinya, secara default fungsi seperti CD Live dan membuang semua catatan tindakan Anda. Namun, saat bootup Anda dapat memilih ketekunan jika Anda ingin. Yang mengatakan, perusahaan mencatat dalam email bahwa versi dari Ubuntu sebelum Intreped adalah "agak buggy dengan kegigihan".
Ditambahkan 10 Juli 2008: Dari blog CNET saya Mengapa Anda ingin CD Linux Live.
Satu hal yang Linux dapat melakukannya Windows tidak bisa, dijalankan dari CD. Untuk menjalankan Windows, itu harus pertama-tama harus diinstal ke hard disk Anda. Biasanya Linux juga berjalan dari hard disk, tapi ada cukup beberapa versi Linux yang berjalan sepenuhnya dari CD tanpa harus diinstal ke hard disk. Istilah untuk ini adalah "Live" CD.
Menjalankan versi Live CD Linux adalah cara yang bagus bagi pengguna Windows untuk pengalaman Linux untuk pertama kalinya. Di antara distro Linux yang memiliki versi CD-hanya Knoppix, Ubuntu dan Open SuSE). Aku mencoba versi SuSE Hidup Eval 9 pada Oktober 2003 dan memiliki beberapa keluhan. FreeBSD, versi Unix (bukan Linux), juga memiliki LiveCD.
Yang mengatakan, jika Windows rusak ke titik yang tidak dapat start up, ada program gratis yang disebut Lingkungan Bart sudah terpasang (BartPE) yang dapat menjalankan beberapa program Windows dari CD bootable. Namun, ini bukan dari Microsoft dan hanya ditujukan untuk memperbaiki salinan Windows yang rusak, itu bukan untuk penggunaan sehari-hari. BartPE hanya dapat menjalankan beberapa program yang telah ditetapkan di depan waktu untuk digunakan dengan itu. BartPE mengisi kebutuhan penting, tetapi menciptakan CD tidak sepele, itu memerlukan CD Windows (CD recovery tidak atau DVD) dan hanya bekerja dengan Windows XP dan 2003 (tidak yakin tentang Vista). Titik utama berdiri, dalam dan dari dirinya sendiri, Windows tidak dapat dijalankan dari CD.
Versi CD berbasis Linux berbeda dalam penggunaan hard disk. Beberapa, seperti Lindows, jangan menulis apa pun untuk hard disk Anda, sehingga cara yang paling aman dan termudah untuk pengalaman Linux. Kelemahan dari ini adalah kecepatan (CD jauh lebih lambat daripada hard disk) dan kontinuitas (mampu menyimpan data antara menggunakan). Versi lain, seperti SuSE 9 (ini sekarang sampai dengan v10.2), jangan menggunakan hard disk Anda (SuSE 9 menciptakan lebih dari 200 MB senilai file). Apa yang Anda menyerah dalam keselamatan, Anda mendapatkan dalam kecepatan. Untuk review dari distribusi Linux yang berjalan dari CD melihat A Taste Linux oleh Jim Lynch di ExtremeTech 23 Januari 2004 dan A Taste of Linux, Bagian Dua oleh Jim Lynch, 5 Maret 2004.
Selain menendang ban di Linux, Live CD juga dapat digunakan untuk memastikan bahwa hardware anda didukung oleh versi tertentu dari Linux. Bootable CD Linux juga digunakan untuk memulihkan file ketika Windows istirahat ke titik tidak mampu untuk memulai. Sebuah Live CD terbaru Linux harus dapat melihat semua file Windows (mereka bisa membaca NTFS) dan menyalinnya ke perangkat USB eksternal atau komputer lain pada LAN. Versi CD berbasis Lama Lindows dan SuSE tidak bisa membaca file yang tersimpan dalam partisi NTFS.
Pada Oktober 2005 sebuah cara baru menjalankan Linux tanpa menginstal itu diperkenalkan: Mesin virtual dari VMware. Mesin virtual membiarkan Anda menjalankan beberapa sistem operasi pada satu komputer pada waktu yang sama. Anda tidak bisa mengalahkan itu (mesin virtual yang digunakan untuk menjalankan Windows pada Mac berbasis Intel).
Menggunakan VMware Player gratis Anda dapat men-download pre-built Linux mesin virtual. Pikirkan Player VMware sebagai analog dengan Adobe Acrobat Reader. Membuat mesin virtual biaya uang, tetapi mereka tidak bermain.
VMware telah menciptakan mesin virtual pada PC untuk waktu yang lama. Menjalankan mesin virtual sebelumnya diperlukan perangkat lunak yang mahal mereka (VMWare Workstation adalah $ 200 pada bulan April 2007, hanya beberapa tahun sebelumnya biaya hampir dua kali lipat). Sekarang dapat dilakukan secara gratis. Dan sebelum sampai Oktober 2005 tidak ada pre-built mesin virtual yang tersedia dari VMWare, jika Anda ingin menjalankan Linux, Anda harus menginstalnya.
Sekarang Anda bisa mendapatkan salinan pra-instal virtual Ubuntu v7.04 Server, OpenBSD 4.0 dan CentOS 5.0. Bahkan lebih baik, banyak pra-dibangun mesin virtual Linux datang dengan pra-instal aplikasi. Ingin menjalankan server web Apache dan database MySQL? Hanya men-download VM dengan mereka diinstal.
Selama bertahun-tahun Anda bisa telah menginstal Linux ke dalam sebuah mesin virtual baru. Ini adalah cara yang bagus untuk belajar dan bereksperimen. Namun, membuat sebuah mesin virtual virtual baru diperlukan VMWare workstation agak mahal. Sekarang, perangkat lunak bebas VMware Server dapat digunakan untuk menciptakan mesin virtual baru di mana Anda dapat menginstal sistem operasi apapun. Anda juga dapat men-download baru, mesin virtual kosong dari EasyVMX.
VMWare Server memiliki lain ditambah besar: itu mendukung sebuah pos pemeriksaan (alias restore point, selaras titik). Anda dapat mengambil sebuah pos pemeriksaan di mesin virtual Anda, bekerja di dalamnya sementara dan kemudian kembali VM kembali ke pos pemeriksaan. Semuanya gratis. Bagaimana hal berubah.
Microsoft juga memiliki perangkat lunak mesin virtual free tetapi tidak ada-prebuilt mesin virtual untuk itu. Tak perlu dikatakan, Microsoft tidak akan memberikan mesin virtual Linux dan mereka membuat banyak uang dengan menjual Windows sehingga mereka tidak akan memberikannya. Juga, perangkat lunak mereka tidak sebagai dewasa sebagai VMware, bukan sebagai yang kuat dan saya pernah membaca bahwa itu berjalan lebih lambat.
VMware adalah bukan perangkat lunak bebas virtual mesin hanya. VirtualBox adalah bebas dan open source.
Namun cara lain untuk menjalankan Linux tanpa menginstal itu dari flash drive (thumb drive alias, USB drive, pen drive, memory stick, dll).
Pada bulan Juni 2006 David Pogue menulis tentang distro Linux dapat dijalankan dari sebuah thumb drive (Sebuah Tips Berguna Dari Reader pada Flash Drives) di mana dua distro yang disebutkan adalah 50MB (Damn Small Linux) dan 70MB. Bahkan, Damn Small Linux tidak trik bahkan lebih. Hal ini dapat dijalankan dari dalam Windows! Dan, jika Anda memiliki 128MB ram untuk cadangan, dapat berjalan sepenuhnya di ram, yang telah mendapat harus cepat. Lihat Linux di Windows .. Lagi di ghacks.net.
Pada bulan November 2005, Anda bisa membeli MicroDrive 3GB (1 inci hard disk) dengan Ubuntu Linux. Drive dihubungkan ke port USB dan sepenuhnya didukung oleh port USB. Lihat Mengambil Linux Di Jalan Dengan Ubuntu di Toms Hardware. Saya tidak yakin apakah ini masih tersedia.
Dan pekerjaan yang sedang berlangsung pada menciptakan aplikasi Linux portabel (per Maret 2007).
Aplikasi Perangkat Lunak Sembunyikan Tampilkan atasAplikasi Perangkat Lunak (Topik ini direvisi pada Mei 2008)
Ada lebih aplikasi perangkat lunak tersedia untuk Windows. Kemudian lagi, mungkin ada perangkat lunak Linux yang cukup untuk kebutuhan anda.
Memperoleh perangkat lunak aplikasi: Jika Anda membeli salinan Windows pada CD-ROM, Anda tidak mendapatkan perangkat lunak aplikasi dengan itu. Jika Anda membeli salinan Linux di CD-ROM (atau dua atau tiga) biasanya dilengkapi dengan sekumpulan perangkat lunak aplikasi gratis. Demikian juga, Linux ISO download biasanya menyertakan banyak perangkat lunak aplikasi. Pengecualian adalah distribusi Linux yang kecil di tujuan seperti Damn Small Linux atau Pen Drive Linux.
Sebuah komputer baru dengan Windows pra-instal perangkat lunak aplikasi biasanya dilengkapi tambahan, persis apa yang akan dimasukkan terserah kepada vendor PC. Di satu ekstrim, saya telah melihat mesin laptop baru tajam yang datang tanpa software selain Windows itu sendiri. Ini jarang terjadi. Sebaliknya, Sony VAIOs, misalnya, lebih utama dan datang dengan banyak perangkat lunak. Namun, ada dua masalah dengan perangkat lunak aplikasi pra-instal pada komputer Windows.
Pertama, sebagian besar adalah sampah. Begitu banyak, bahwa istilah baru "Crapware" digunakan untuk menggambarkan itu. Para vendor PC membuat uang dengan menginstal software ini bahwa banyak orang menganggap lebih buruk daripada tidak berguna. Bahkan, hal pertama yang banyak teknisi lakukan adalah un-install software ini, seseorang bahkan keluar dengan program de-crapifier PC untuk mengotomatisasi un-instalasi. Komputer Windows yang dijual untuk bisnis cenderung memiliki perangkat lunak aplikasi yang tidak diinginkan kurang pra-instal dibandingkan dengan komputer yang dijual kepada konsumen.

Tidak ada komentar: