tulisan berjalan

Step By Step Instalasi BitLocker Pada External Drive di sistem operasi Windows 7 (USB Drive/FlashDisk) Untuk Mengamankan Data


image Anda ingin setiap USB Drive/External Drive anda ketika dicolokkan ke USB langsung meminta password?!? Tidak hanya pada port USB yang ada dilaptop anda, tetapi akan selalu meminta password ketika anda men-coloknya pada port USB komputer lain dengan menggunakan versi windows yang lain (Saya belum mencobanya pada OS OpenSource). Saya menyarankan menggunakan BitLocker salah satu fitur Keamanan Windows yang ada pada Windows 7 selain AppLocker yang juga akan melindungi aplikasi dari serangan Malware..
Umumnya instalasi BitLocker pada USB Drive sama dasarnya dengan instalasi BitLocker pada salah satu drive pada laptop anda. Beda cuma diikit, kalo pada USB Drive anda tidak dapat mengaktifkan BitLocker dengan menggunakan klik kanan pada Windows Explorer/Computer.
Anda dapat langsung melalui Control Panel\All Control Panel Items\BitLocker Drive Encryption. Lalu klik “Turn On BitLocker” pada drive external anda.
image
Terdapat 2 opsi (“Use a password to unlock drive” untuk menggunakan password dan “Use my smart card to unlock the drive” untuk mengaktifkan unlock ketika anda menggunakan smart card). Saya akan memilih menggunakan password. Lalu klik “Next”.
image
Ini adalah salah satu Perbedaan lainnya ada pada menu recovery key ketika kita install pada drive laptop/PC, kalau pada drive dilaptop ada 3 opsi penyimpanan file Save the recovery key to a USB flash drive, Save the recovery key to a file, dan Print the recovery key. Sedankan instalasi pada USB Drive/External Drive cuma ada 2 opsi. Yaitu “Save the recovery key to a file” (yaitu menyimpan recovery key pada sebuah file) dan “Print the recovery key” (langsung mencetak recovery key). Saya memilih menyimpannya pada sebuah file (notepad). Setelah menyimpannya pada sebuah file, tombol “Next” telah aktif dan dapat diklik, silankan klik “Next”.
image
Klik “Start Encrypting”. Lalu biarkan proses enkripsi berjalan.
image
Setelah selesai akan tampak seperti screenshot dibawah.
image
Klik “Close”. Pada Windows Explorer/Computer, gambar atau icon Removable Disk masih tampak seperti semula.
image
Lalu eject/remove USB Drive/Flasdisk anda lalu pasang kembali. Pada Windows Explorer/Computer icon Removable Disk telah berganti, akan tampak seperti gambar dibawah.
image
Gambar diatas membuktikan bahwa BitLocker telah aktif pada USB Drive/Flashdisk anda. Ketika anda memasang kembali USB Drive tersebut akan langsung muncul menu yang akan meminta password BitLocker.
image
Ada beberapa opsi yang ditawarkan pada menu tersebut. “Show password characters as i type them” yang berarti bahwa ketika anda mengisikan password, maka teks password yang anda ketikkan akan tampak. “Automatically unlock on this computer from now on” yang berarti akan ter-unlock secara otomatis sejak sekarang.
Ketika anda telah mengisi password berarti anda telah dapat membuka setiap file/folder yang ada didalam USB Drive/Flashdisk anda.
Untuk me-manage BitLocker anda dapat langsung ke Control Panel\All Control Panel Items\BitLocker Drive Encryption.
image
Lalu pilih “Manage BitLocker”.
image
Pada menu ini ada beberapa opsi. Change password to unlock the drive (untuk merubah password), Remove password from this drive (untuk menghapus/me-remove password), Add a smart card to unlock the drive (anda dapat menambahkan smart card untuk meng-unlock drive ini),  Save or print recovery key again (anda diberi pilihan untuk menyimpan sekali lagi recovery key yang telah anda buat sebelumnya) dan Automatically unlock this drive on this computer (drive akan meng-unlock secara otomatis). Silahkan anda memilih opsi untuk me-manage drive anda. 
Mudah bukan!. Silahkan mencoba fitur Keamanan Windows ini!. Done!.

sumber : http://mugi.or.id

Tidak ada komentar: